Skip to main content

Langkah Sukanto Tanoto Dalam Membangun Industri Kehutanan Berkelanjutan di Indonesia


Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki berbagai kepulauan. Selain itu juga, Indonesia adalah satu negara yang terkena garis khatulistiwa dan memiliki iklim tropis. Kesuburan tanah di Indonesia tidak perlu diragukan meski 2/3 adalah lautan tetapi di setiap sudut kota akan banyak ditemui pohon-pohon yang sangat lebat. Di samping itu, di setiap pulau terdapat hutan tropis yang subur dan yang paling luas serta kaya akan keanekaragaman hayati di dunia. Puluhan ribu atau bahkan puluhan jutaan penduduk Indonesia mengandalkan hidup dan mata pencaharian mereka di hutan, baik dari mengumpulkan berbagai jenis hasil hutan untuk memenuhi kehidupan mereka sehari-hari atau bekerja pada sektor industri pengolahan kayu. Di dalam hutan tropis, seperti yang ada di Indonesia terdapat habitat flora dan fauna yang kelimpahannya yang tidak dapat ditandingi oleh negara lain dengan ukuran luas hutan yang sama. Akan tetapi dalam beberapa tahun belakangan ini, hutan di Indonesia mulai memiliki masalah, misalnya kebakaran hutan.

Oleh karena itu, salah seorang pengusaha bernama Sukanto Tanoto melakukan berbagai macam cara agar hutan di Indonesia selamat. Ia mengatakan bahwa Indonesia memiliki hutan yang lebih baik dibandingkan dengan hutan di luar negeri dan ia berharap agar pemerintah dapat mendorong perkembangan di industri hilir dalam negeri. Hal ini diyakini akan berdampak positif terhadap perkembangan industri di Indonesia ke depannya. Maka dari itu, pemerintah perlu mencari keseimbangan antara pengelolaan lingkungan hidup dan pengembangan ekonomi.

Dalam hal ini, industri kehutanan di Indonesia mampu berkembang pesat sehingga menjadi pesaing industri di luar negeri dan menjadikan industri kehutanan sebagai peran penting terhadap pembangunan ekonomi dan penyerapan lapangan kerja. Selain itu juga, upaya dan kebijakan pemerintah saat ini juga dapat mendorong perkembangan di industri hilir dalam negeri yang diyakini akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan industri nasional ke depannya.

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah dalam membangun industri kehutanan yang berkelanjutan merupakan keterlibatan masyarakat karena masyarakat yang tidak memiliki lapangan kerja akan merambah hutan sebagai mata pencaharian dan separuh luas wilayah Indonesia adalah hutan dan sektor kehutanan dinilai penting bagi negara serta merupakan negara yang memiliki kekayaan akan keanekaragaman hayati dan sekitar 3,8 juta orang hidup dari sektor kehutanan. Sebagai dukungan terhadap pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan informasi terkait kehutanan, Sukanto Tanoto bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor membangun Tanoto Forestry Information. Fasilitas yang mereka sediakan berupa e-library yang dilengkapi dengan akses ke berbagai jurnal kehutanan internasional, ruang seminar, student hall, dan informasi mengenai kehutanan dalam berbagai panel dan video. Dan dari sanalah dapat diketahui langkah Sukanto Tanoto dalam membangun industri kehutanan berkelanjutan di Indonesia.

Comments